Dosen Departemen Biologi FMIPA Universitas Padjajaran (UNPAD), Dr. Ruhyat Partasasmita, M.Si mengajak mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA Unsyiah untuk melakukan penelitian yang berasal dari keseharian di lingkungan sekitar.

Hal tersebut disampaikan pada kuliah tamu “Metode dan Hasil Kajian Penelitian Etnoekologi dan Ekologi Konservasi Terkini” di Ruang Seminar 1 Gedung Training Center (TC) FMIPA Unsyiah. Rabu, 27 Maret 2019.

Menurut Ruhyat, penelitian biologi yang berawal dari lingkungan sekitar di Indonesia belum banyak dilakukan sehingga data spesies yang dimiliki juga sedikit.

“Sebagai contoh, spesies tumbuhan apa saja yang terdapat di sekitar kampus? Berapa banyak tumbuhan disekitar kampus yang justru berpotensi sebagai tanaman obat dan manfaat lainnya? Kita perlu data seperti itu,” lanjutnya.

Ruhyat berharap penelitian yang berawal dari ide sederhana dapat di publikasikan pada jurnal internasional bereputasi yang terindeks Scopus.

“Masih banyak spesies di sekitar kita yang perlu ditelusuri, terutama yang dimanfaatkan oleh masyarakat kita di Indonesia. Hal ini tentu sangat menarik karena hanya kita yang memilikinya,” tandasnya. [MAB]