Himpunan Mahasiswa Biologi (HMB) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) merupakan organisasi mahasiswa yang berada dibawah bimbingan dan tanggung jawab Jurusan Biologi FMIPA Unsyiah. HMB FMIPA Unsyiah berdiri pada tanggal 20 September 1991. HMB menghimpun mahasiswa aktif sarjana (S1) di Jurusan Biologi FMIPA Unsyiah.

HMB FMIPA Unsyiah dipimpin oleh Ketua Umum atau dikenal juga dengan sebutan Ketua Himpunan (Kahim). Masa kepengurusan berlangsung selama 1 (satu) tahun dan berganti melalui musyawarah besar (mubes) HMB. Ketua Umum didampingi oleh Sekretaris Umum dan Bendahara Umum.

Saat ini, HMB FMIPA Unsyiah memiliki 9 (sembilan) Ketua Bidang (Kabid) yang masing-masing bertanggung jawab kepada ketua umum. Bidang HMB berfungsi sebagai pelaksana program kerja yang masing-masing memiliki pekerjaan yang berbeda-beda. Kesembilan bidang tersebut yaitu:

1. Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA)

Bidang KSDA bertanggung jawab terhadap isu konservasi dan lingkungan hidup, khususnya di Aceh. Setiap tahunnya, bidang ini mengadakan acara Pekan Konservasi Sumber Daya Alam (PKSDA) yang merupakan acara terbesar di HMB. PKSDA terdiri dari seminar konservasi, perlombaan yang berhubungan dengan lingkugan hidup serta aksi lingkungan di lapangan.

Pada tahun 2019, HMB FMIPA Unsyiah menyelenggarakan PKSDA ke-6 (PKSDA VI) di Gelanggang Mahasiswa Unsyiah. Selain mengadakan seminar konservasi, PKSDA VI mengadakan aksi lingkungan berupa pelepasan penyu (tukik) di Lhoknga, Aceh Besar. Penyu menjadi pusat perhatian isu konservasi di HMB FMIPA Unsyiah karena populasinya yang semakin sedikit. Selain penyu, isu konservasi berupa mangrove juga diangkat melalui aksi lingkungan penanaman 1000 mangrove di Blang Krueng, Aceh Besar. Penanaman mangrove dilaksanakan pada PKSDA tahun 2018.

Isu lingkungan juga diangkat pada bidang ini melalui hari besar yang berhubungan dengan lingkungan hidup, salah satunya adalah Hari Bumi Sedunia. Hari Bumi Sedunia jatuh pada tanggal 22 April. Tahun 2018, bidang ini mengadakan peringatan Hari Bumi di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh. Peringatan Hari Bumi diisi dengan kampanye cinta lingkugan kepada masyarakat sekitar.

2. Komunikasi dan Informatika (Kominfo)

Bidang Kominfo bertanggung jawab terhadap olah digital, media sosial dan keredaksian di HMB FMIPA Unsyiah. Olah digital yang dimaksud adalah desain gambar dan editing video. Keredaksian bertugas dalam menulis berita kegiatan HMB FMIPA Unsyiah dan Jurusan Biologi. Berita yang sudah ditulis akan di publikasikan melalui website http://biologi.unsyiah.ac.id/ (jurusan), http:///fmipa.unsyiah.ac.id/ (fakultas), http://unsyiah.ac.id/ (universitas) dan berbagai media lokal di Aceh untuk dibaca oleh masyarakat.

Saat ini, HMB memiliki beberapa media sosial aktif yang dikelola oleh tim kominfo, diantaranya:

  1. Email : hmbfmipaunsyiah@gmail.com
  2. Instagram : @hmbfmipaunsyiah
  3. LINE : @obm7454c
  4. Twitter : akan diaktifkan kembali
  5. Facebook : akan diaktifkan kembali

 

3. Pendidikan

Bidang Pendidikan bertanggung jawab terhadap sumber daya mahasiswa di HMB FMIPA Unsyiah. Bidang ini bertugas mendata, membina dan mengikutsertakan delegasi HMB FMIPA Unsyiah dalam berbagai perlombaan tingkat universitas hingga nasional. Lomba yang dapat diikuti diantaranya debat, olimpiade biologi, cerdas cermat, Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan berbagai perlombaan lainnya. Bidang ini juga bertugas dalam meningkatkan kemampuan akademik mahasiswa Biologi di perkuliahan, seperti mengadakan kelompok belajar mata kuliah tertentu.

4. Hubungan Masyarakat (Humas)

Bidang Humas bertanggung jawab dalam menjaga hubungan baik antara sesama anggota HMB FMIPA Unsyiah, organisasi mahasiswa (Ormawa) di lingkup Unsyiah, organisasi dan instansi di luar Unsyiah serta dosen dan alumni Jurusan Biologi FMIPA Unsyiah. Bidang ini menjadi garda terdepan dalam hal kerjasama yang dilakukan oleh HMB FMIPA Unsyiah. Selain itu, bidang ini bertugas sebagai perwakilan HMB FMIPA Unsyiah dalam mengikuti berbagai dinas harian himpunan, seperti menghadiri undangan dan menerima tamu.

Pada akhir tahun 2018 hingga awal tahun 2019, HMB FMIPA Unsyiah mengadakan lomba menulis artikel populer dengan judul National Biology Writing Competition (NAT-BIOTIC). NAT-BIOTIC adalah lomba menulis tingkat nasional yang mengangkat tema “Pengembangan Ilmu-Ilmu Biologi yang Berorientasi pada Potensi Keanekaragaman Hayati di Indonesia”. Lomba ini diikuti oleh mahasiswa seluruh Indonesia dan pemenang diberi penghargaan berupa uang tunai hingga jutaan rupiah.

Pada bulan November 2017, HMB FMIPA Unsyiah berpartisipasi dalam kegiatan Musyawarah Wilayah Kerja (Muswilker) 1 (satu) Ikatan Keluarga Himpunan Mahasiswa Biologi Indonesia (IKAHIMBI) di Universitas Andalas, Sumatera Barat. Muswilker 1 IKAHIMBI akan dilaksanakan kembali pada bulan November 2019 di Universitas Syiah Kuala, Aceh.

5. Rohani Islam (Rohis)

Bidang Rohis bertanggung jawab dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan mahasiswa di HMB FMIPA Unsyiah. Bidang ini bertugas dalam mengadakan kajian keilmuan Islam dan merayakan hari besar Islam. Setiap bulan Ramadhan, bidang ini rutin mengadakan Buka Puasa Bersama Keluarga Besar Jurusan Biologi FMIPA Unsyiah yang diikuti oleh mahasiswa, staf pengajar serta alumni Jurusan Biologi FMIPA Unsyiah.

6. Biology English Club (BEC)

Bidang BEC bertanggung jawab penuh dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris mahasiswa di HMB FMIPA Unsyiah. Setiap minggunya, bidang ini mewajibkan seluruh mahasiswa berbicara Bahasa Inggris atau disebut juga dengan English Day (Hari Berbahasa Inggris). English Day diharapkan dapat meningkatkan kecapakan dan percaya diri dalam berbahasa Inggris. Selain itu, bidang ini bertugas mengadakan kelompok belajar Bahasa Inggris (English Club).

7. Olahraga

Bidang Olahraga bertanggung jawab terhadap kesehatan dan kebugaran jasmani mahasiswa di HMB FMIPA Unsyiah. Bidang ini bertugas mengadakan latihan rutin  untuk mahasiswa di HMB FMIPA Unsyiah, seperti futsal, voli, bulu tangkis, catur, basket, dsb. Bidang ini juga bertugas membawa delegasi dari HMB FMIPA Unsyiah untuk mengikuti ajang olahraga mahasiswa, seperti Pekan Olahraga Mahasiswa (POM) MIPA dan Unsyiah Games.

Biology Sprort Week (BSW) adalah program tahunan yang diselenggarakan oleh bidang olahraga. BSW diikuti oleh seluruh mahasiswa di HMB FMIPA Unsyiah yang bertujuan  untuk meningkatkan kemampuan olahraga sambil mempererat tali sillaturahmi antar angkatan. Cabang olahraga yang diperlombakan di BSW yaitu voli, futsal, tarik tambang dan games lainnya.

8. Wirausaha

Bidang Wirausaha bertanggung jawab terhadap pemasukan keuangan HMB FMIPA Unsyiah melalui produk yang dijual. Bidang ini juga berkewajiban memfasilitasi mahasiswa di HMB FMIPA Unsyiah yang memiliki usaha mandiri agar muncul jiwa entrepreneurship. Ketelitian dalam membaca peluang usaha perlu dimiliki oleh bidang ini sehingga produk  yang dijual sesuai dengan pasar yang ingin dicapai.

9. Kesenian

Bidang Kesenian bertanggung jawab terhadap pengembangan bakat seni mahasiswa di HMB FMIPA Unsyiah. Seni yang saat ini sedang dikembangkan yaitu musik dan tari. Saat ini, HMB FMIPA Unsyiah sedang mengembangkan paduan suara dan sanggar tari HMB FMIPA Unsyiah.

 

STRUKTUR KEPENGURUSAN HIMPUNAN MAHASISWA BIOLOGI
FAKULTASMATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
PERIODE 2019/2020

 

Ketua Umum                           : Mohammad Adzannie Bessania
Wakil Ketua Umum                : Aris Munandar
Sekretasis Umum                    : Imelda Maelani
Wakil Sekretaris Umum         : Bella Sabilla Novita
Bendahara Umum                   : Asmaul Husna
Wakil Bendahara Umum        : Yuni Arifa

Bidang Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA)
Ketua Bidang : Amirul Hadi

  1. Widya Ramagina Nurinayah
  2. Rajuliana
  3. Finna Rahmasari
  4. Cut Nathasya Fahira
  5. Annisa Izazaya
  6. Rosi Safriana
  7. Nazila Munawira
  8. Misbah
  9. Fatin Salsabila
  10. Putri Shabira
  11. Siska Farisha Rotami
  12. Rukmaniza


Bidang Kominfo
Ketua Bidang:Zahratul Aini

  1. Niswatul Humaira
  2. Sakinah Nazla
  3. Fauhan Alia Ghaisani
  4. Novita Yuniar
  5. Tiara Novebrina
  6. Osama Al Kautsar
  7. Nada Ariqah
  8. Ummi Raisya Syahrini
  9. Visca Meiduana
  10. Cut Nurrahma Diana Putri
  11. Cut Puri Fhatalina


Bidang Pendidikan
Ketua Bidang : M. Aidiel Fitra

  1. Novi Yana Sari
  2. Irma Syafitri
  3. Putri Hidayati
  4. Sry Wahyuni
  5. Arifah Yasmin
  6. Syifa Rahmah
  7. Dinayatul Ghasyiah
  8. Farah Mahfudhah
  9. Nauratur Raihan
  10. Dinda Amalia
  11. Nazhatul Izzah
  12. Nadia Septiana
  13. Rahmadani
  14. Sarmalinasih


Bidang Humas
Ketua Bidang : Maulidia

  1. Yanti Sucitawati Tanjung
  2. Cut Asy-Syifati Nadira
  3. Nada Nisrina Maulidya
  4. Alfikri Shadrian
  5. Siti Rahmah Nusa Fitria
  6. Nurul Khaliza
  7. Zakiatul Muna
  8. Mauliza Balqis Z
  9. Khalizazia
  10. Nuri Umaiza
  11. Nabila
  12. Yunia Indriani Puspita Sari
  13. Meutia Nabila
  14. Salsabila Pobrina


Bidang Rohis
Ketua Bidang : Salmawani Samha

  1. Nurhalimah
  2. Siti Husna
  3. Martha Amalia
  4. Nur Fajar Ramadahani
  5. Nurlis Yunita
  6. Nadiaturrizqy
  7. Afifah Taqia
  8. Nurul Fadhilah
  9. Muniratul Aufa
  10. Nanda Khairna
  11. Nyak Naiza Muzayanna
  12. Sastri Dalila


Bidang Biology English Club (BEC)
Ketua Bidang : Nadya Shifani

  1. Munira Ulfa
  2. Khafifah Armanisa
  3. Reza Safitri
  4. Haya Maghfira
  5. Aynal Haniyati Ulfa
  6. Fajar Dini
  7. Sarah Zakiyya
  8. Novi Safitri
  9. Siska Tiara Isdania
  10. Tasya Salsabila
  11. Sallie Maulidia Br Tarigan
  12. Khalif Akbar
  13. Yuhaniz Putri


Bidang Olahraga
Ketua Bidang : Munzilin

  1. Wafa Nibilah
  2. Hadi Yatullah
  3. Yusliana
  4. Siti Sari Azyati
  5. Nur Fajri
  6. Arlina Sari
  7. Via Anjelia
  8. Nurfadliansyah
  9. Muhammad Nazaryady
  10. Salwa Caisarani Khairunnisa
  11. Nisa Amalia


Bidang Wirausaha
Ketua Bidang : Maulinasari

  1. Rabiatul Adawiyah
  2. Nabila Humaira
  3. Rika Hayatunnida
  4. Yurnita
  5. Husna Hidayati
  6. Raudhatul M
  7. Syifa Thifal Umaira
  8. Nadia Septi
  9. Ersa Putri Barzillah
  10. Mawar Diana
  11. Almadita Juli Saputri
  12. Vina Salsabila
  13. Rojatul Maisarah


Bidang Kesenian
Ketua Bidang : Ihda Quratul Aini

  1. Eka Safitri
  2. Rina Ramadani
  3. Sucy Ariska AZ
  4. Zaira Fadhillah
  5. Musrina Putriani
  6. Annisa Karim
  7. Yuni Rahmahdani
  8. Tasya Salsabila
  9. Maisura Nadila
  10. Syafika Adelia Riski
  11. Nurtanfizi
  12. Ulil Hasri Desfiana
  13. Dhita Hardianti
  14. Jihan Nabila