Jurusan Biologi Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Matematika (FMIPA) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) mengadakan kegiatan Seminar Sehari Peluang dan Analisis Wirausaha Bidang Mikrobiologi, di Ruang Seminar UPT. Perpustakaan Unsyiah, Kamis, 4 Mei 2017.

Acara yang mengusung tema “Dari Mikrobiologi Menuju Usaha Mandiri” merupakan kegiatan perdana dari salah satu bidang kepakaran (peer group), yaitu peer group mikrobiologi, yang ada di Jurusan Biologi FMIPA Unsyiah. Dalam kata sambutannya, ketua panitia pelaksana, Suhartono, menyampaikan bahwasanya tujuan pelaksanaan kegiatan seminar tersebut adalah untuk meningkatkan minat kewirausahaan mahasiswa agar selepas lulus nanti dapat menerapkan salah satu bidang ilmu biologi, khususnya mikrobiologi, yang diperoleh ketika kuliah untuk berwirausaha.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan dari bidang kepakaran Mikrobiologi Biologi FMIPA Unsyiah. Tujuan kegiatan ini tidak lain untuk meningkatkan minat kewirausahaan, agar selepas lulus dari Biologi ada ilmu yang dapat diterapkan,” ungkap Suhartono.

Selanjutnya, dalam kata sambutan Ketua Jurusan yang diwakilkan oleh Sekretaris Jurusan Biologi FMIPA Unsyiah, Fauziah, menyatakan bahwasanya saat ini mahasiswa dihadapkan pada tantangan zaman yang tidak berorientasi semata-mata berharap pada status pekerjaan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).

“Udah ga zamannya lagi mahasiswa jadi PNS setelah kuliah, mahasiswa harus kreatif dan punya inovasi sendiri untuk berkembang kedepannya,” ucap Fauziah.

Kegiatan seminar yang dimoderatori oleh Dalil Sutekad, dosen Jurusan Biologi FMIPA Unsyiah yang merupakan pengajar mata kuliah Ekologi dan Kewirausahaan, menghadirkan tiga orang narasumber, yaitu Dr. Iskandarsyah, S.E., M.M., (akedemisi dan ketua UKM center Fakultas Ekonomi Unsyiah), Mukhlis Ramadhan, S.Si. (alumni sekaligus wirausahawan “Daiyo Yogurt”), serta Mulyana, S.Si. (alumni sekaligus wirausahawati budidaya jamur tiram).

Selama berlangsungnya acara, peserta seminar tampak menikmati ulasan materi yang banyak membagikan pengalaman, kisah menarik, dan juga tips dan trik mengenai wirausaha.

“Pematerinya ngga’ salah pilih, acaranya seru dan kita ngga’ kaku, lucu-lucu termotivasi,” komentar Nurul Fitri, salah seorang mahasiswa jurusan Biologi FMIPA Unsyiah yang hadir pada acara seminar. [MR]