Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unsyiah mengadakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Mahasiswa dalam Penulisan Tugas Akhir. Acara ini diadakan di Gedung Training Center (TC) FMIPA lantai 2.

Pelatihan ini diselenggarakan selama tiga hari, yaitu tanggal 25 sampai 27 Maret 2019. Pelatihan yang wajib diikuti oleh mahasiswa S1 angkatan 2013, 2014, 2015 dan 2016 yang belum mendaftarkan diri di Sistem Informasi Manajemen Tugas Akhir (SIMATA).

Ketua Jurusan Biologi, Dr. Betty Mauliya Bustam, M.Sc, mengatakan pelatihan ini bertujuan untuk memudahkan mahasiswa dalam mencari ide penelitian sesuai dengan bidang minat penelitian dalam yang diminati.

Selain itu, Betty berharap pelatihan ini diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam menyusun strategi menulis tugas akhir hingga dapat lulus tepat waktu.

“Kami berharap mahasiswa dapat menyelesaikan perkuliahan dengan tepat waktu yaitu selama 4 tahun” ujar Betty dalam sambutannya di Ruang Jurusan Biologi, Gedung TC lantai 2. Senin, 25 Maret 2019.

Pada hari pertama, mahasiswa diberi materi berupa ‘Mekanisme Proposal dan Tugas Akhir’ dan Tips mendapatkan topik Tugas Akhir’. Materi ini disampaikan oleh Koordinator Tugas Akhir Jurusan Biologi FMIPA Unsyiah, Yekki Yasmin, M.Si.

Dalam pemaparan materi, Yekki menyampaikan bahwa mahasiswa yang ingin mengajukan seminar proposal penelitan sudah terdaftar didalam SIMATA.

Setelah selesai seminar proposal, lanjut Yekki, mahasiswa diberikan waktu enam bulan, sejak hari pertama lulus seminar proposal, untuk menyelesaikan penelitian dan melakukan seminar hasil penelitian.

“Jika mahasiswa belum menyelesaikan penelitian selama enam bulan, maka penyelesaian penelitian dapat diperpanjang selama 6 bulan lagi setelah disetujui oleh Ketua Jurusan. Jika belum selesai juga, maka dosen pembimbing boleh mengundurkan diri dan mahasiswa terpaksa mengulang dari awal,” tegas Yekki.

Disamping itu, Yekki mengajak mahasiswa untuk membuka situs SIMATA pada tautan 202.4.186.247/simata/login dan merupakan situs informasi tugas akhir perdana di Unsyiah.

Pada hari kedua, mahasiswa mengikuti pelatihan berdasarkan penelitian peer group. Jurusan Biologi FMIPA Unsyiah memiliki lima peer group, yaitu Ekologi dan Biodiversitas Hewan, Ekologi dan Biodiversitas Tumbuhan, Fisiologi dan Perkembangan Hewan, Fisiologi dan Perkembangan Tumbuhan, dan Mikrobiologi.

Materi peer group disampaikan oleh Ketua peer group masing-masing. Mahasiswa yang telah mengikuti pelatihan peer group diminta menulis topik penelitian yang ingin dilakukan pada formulir yang disediakan.

Pada hari ketiga, masing-masing ketua peer group mempresentasikan hasil topik penelitian yang telah ditulis mahasiswa pada hari kedua.

Setelah itu, masing-masing ketua peer group yang juga para dosen di Jurusan Biologi FMIPA Unsyiah juga berbagi pengalaman dan kendala di peer group tersebut. [MAB]