Darussalam – Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unsyiah melaksanakan acara penyambutan 52 mahasiswa baru angkatan 2017 sebagai rangkaian dari kegiatan Pendidikan Karakter Akademik Mahasiswa Baru (PAKARMARU) Unsyiah tingkat jurusan di Aula FMIPA Unsyiah. Kegiatan penyambutan dilaksanakan pada hari Minggu, 20 Agustus 2017, mulai pukul 08:00 pagi hingga 06:00 sore.

Acara yang dimulai dari pukul 8 pagi ini diawali dengan kegiatan Peraturan Baris Berbaris (PBB). Selepas kegiatan PBB, para mahasiswa baru mengikuti senam pagi yang dipandu oleh panitia PAKARMARU tingkat jurusan.

PAKARMARU) Unsyiah tingkat jurusan secara resmi dibuka pukul 8.45 pagi yang diawali dengan kata sambutan oleh Ketua Jurusan Biologi FMIPA Unsyiah, Dr. Betty Mauliya Bustam, M.Sc., sekaligus memperkenalkan dosen serta dosen wali kepada segenap mahasiswa baru.

Salah seorang dosen pengampu Fisiologi dan Perkembangan Hewan, Bapak Firdus, M.Si., mengingatkan kepada mahasiswa baru untuk menulis visi dan misi mereka sebelum memulai perkuliahan agar mereka memiliki tujuan saat berkuliah dan memiliki perencanaan hidup ke depan.

“Pastikan diri anda bahwa anda senang berada di Biologi dan anda akan berprestasi di Biologi,” tegas beliau yang juga menjadi salah satu dosen wali mahasiswa baru angkatan 2017.

Selain dosen, acara juga turut dihadiri oleh alumni. Mulyana, S.Si., alumni jurusan Biologi yang kini berkecimpung di bidang wiraswasta, berbagi ilmu kepada mahasiswa baru mengenai peluang dan analisis wirausaha di bidang mikrobiologi, khususnya jamur.

Usai pemaparan materi oleh alumni, sekitar pukul 11.30 dilakukan pemilihan komting, wakil komting, sekretaris, dan bendahara mahasiswa Jurusan Biologi angkatan 2017. Jabatan komting dipegang oleh Muhammad Anjas, wakil komting dipegang oleh Osama Al Kautsar, sekretaris dipegang oleh Nurfajar Ramadhani, dan bendahara dipegang oleh Nurul Hayati.

Sekitar pukul 14.00, para mahasiswa baru menampilkan bakat dan kemampuan yang dimiliki melalui kegiatan Biology’s got talent atau penampilan minat bakat. Bakat yang ditampilkan diantaranya menyanyi, menari, menulis, pidato, tahfiz Al-Qur’an, dan cerdas cermat.

Mahasiswa baru yang memiliki penampilan terbaik mendapat penghargaan dari panitia. Penyerahan hadiah diberikan oleh Ibu Widya Sari, M.Si., selaku pembina kemahasiswaan di Jurusan Biologi FMIPA Unsyiah.

Penyanyi, penari, dan tulisan terbaik diraih oleh Musrina Putriani, Annisa Izazaya, dan Sa’adatul Ulya; sedangkan pidato, tahfiz Qur’an, dan cerdas cermat terbaik diraih oleh Nurfajar Ramadhani, Dhita Hardianti, dan Sarmalinasih – Khalif Akbar – Tiara Novebrina.

Perlu diketahui, terdapat 3 maba yang tidak mengikuti PAKARMARU tingkat jurusan, yaitu Agam Sukena, Luthfiani Rahmaniazar, dan Sulthan Maulidan.[MAB]