Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unsyiah menyambut 56 mahasiswa baru Jurusan Biologi angkatan 2018 melalui kegiatan Pembinaan Akademik dan Karakter Mahasiswa Baru (PAKARMARU).

Acara PAKARMARU tingkat jurusan ini berlangsung selama dua hari, yaitu tanggal 30 dan 31 Agustus 2018 di Aula FMIPA Unsyiah.

Pada hari pertama, mahasiswa baru disambut oleh Pembina Kemahasiswaan Jurusan Biologi, Widya Sari, M.Si. Dalam sambutannya, Widya mengajak mahasiswa baru untuk memperoleh prestasi selama berkuliah, baik prestasi secara akademis maupun diluar akademis.

“Banyak perlombaan yang bisa diikuti oleh mahasiswa Biologi, seperti menulis karya ilmiah di Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), mengikuti Olimpiade Nasional (ON) MIPA, mendaftar student mobility ke luar negeri, atau melanjutkan Master (S2) melalui program fast-track di Unsyiah,” jelas Widya.

Mahasiswa baru juga diberi pengenalan tentang Himpunan Mahasiswa Biologi (HMB) FMIPA Unsyiah, yaitu sebuah organisasi mahasiswa di jurusan Biologi yang digerakkan oleh mahasiswa Biologi. Penjelasan HMB dipaparkan langsung oleh Ketua HMB, Muhammad Firhan Al-Azhar.

Dalam penjelasannya, Firhan menjabarkan berbagai bidang kerja di HMB, yaitu Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA), Biology English Club (BEC), Wirausaha, Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Pendidikan, Rohani Islam (ROHIS), Olahraga, Kesenian, dan Hubungan Masyarakat (Humas).

“Setiap tahunnya, HMB melalui bidang KSDA mengadakan acara Pekan Konservasi Sumber Daya Alam (PKSDA). PKSDA adalah terbesar HMB yang bertujuan untuk menanamkan pendidikan konservasi kepada masyarakat, khususnya masyarakat Aceh,” sambung Firhan.

Setelah iu, mahasiswa baru diberi kebebasan untuk memilih komisaris tingkat (komting) Biologi angkatan 2018. Terdapat dua kandidat yang mencalonkan diri, yaitu Muhammad Nazar Riyady dan Misbah. Setelah melakukan pemilihan, Nazar terpilih sebagai komting dan Misbah terpilih sebagai wakil komting.

Terakhir, mahasiswa baru juga dikenalkan mengenai tempat yang akan sering dikunjungi selama kuliah, seperti Ruang Kuliah Umum (RKU), laboratorium dan ruang Dosen dan Ketua Jurusan Biologi. Mereka juga diajak mengunjungi Laboratorium Dasar (Labdas) FMIPA menjelang acara hari pertama selesai.

Pada hari kedua, alumni jurusan Biologi berbagi pengalaman bersama mahasiswa baru. Turut hadir Fitdha Khairadini, Irla Hanum, Yudi Gebri Foenna dan Vianti Cintya Putri sebagai pemateri yang mewakili alumni. Selain itu, turut hadir pula Ketua Alumni Jurusan Biologi, Ibnu Hasyim, yang juga mengisi materi.

Selanjutnya, mahasiswa baru dikenalkan dengan dosen dan dosen wali oleh Ketua Jurusan Biologi, Dr. Betty Mauliya Bustam, M.Sc. Betty menjelaskan, dosen wali berperan dalam membantu kelancaran studi mahasiswa dan berhak menyetujui atau membatalkan mata kuliah yang akan diambil mahasiswa.

“Apabila mahasiswa kesulitan ketika menjalani perkuliahan atau bingung ingin mengambil mata kuliah, silahkan berkonsultasi dengan dosen wali masing-masing. Dosen wali akan menjadi ‘orang tua kedua’ mahasiswa hingga lulus dari Jurusan Biologi,” lanjutnya.

Terakhir, mahasiswa baru diberi kesempatan untuk menampilkan minat dan bakat yang dimiliki. Kegiatan ini merupakan gagasan dari pihak FMIPA untuk mendata bakat yang dimiliki oleh mahasiswa baru. Data tersebut memudahkan fakultas ketika ingin mendaftarkan mahasiswa pada lomba tertentu.

Bakat yang ditampilkan oleh mahasiswa baru diantaranya tari tradisional, bernyanyi, menulis, pidato, membaca puisi, dan cerdas cermat.

Ketua Panitia Pakarmaru Biologi 2018, Osama Al-Kautsar, memberi ucapan selamat kepada mahasiwa baru angkatan 2018 Jurusan Biologi. Namun, ia terkejut dengan jumlah laki-laki pada angkatan tersebut hanya dua orang saja.

“Padahal, peluang laki-laki untuk memperoleh lapangan kerja setelah lulus jauh lebih besar, terutama jika fokus pada bidang konservasi. Sangat disayangkan jika minat laki-laki memilih jurusan Biologi masih rendah,” tandas Osama yang merupakan mahasiwa Biologi angkatan 2017 ini [MAB]