Acara pembukaan Pekan Konservasi Sumber Daya Alam (PKSDA) VI resmi dibuka oleh Ketua Jurusan Biologi FMIPA Unsyiah, Dr. Betty Mauliya Bustam, M.Sc., di Ruang Kaca Lantai 2 Gelanggang Mahasiswa Unsyiah. Senin, 18 Februari 2019.

Dalam sambutannya, Betty mengatakan acara yang mengambil tema ‘Our Leuser, Our Treasure: Potret Biodiversitas Aceh melalui Lensa Konservasi hendaknya berkelanjutan.

“Maksud saya, makna dari menjaga konservasi dalam acara PKSDA VI hendaknya berkelanjutan dan ditanamkan mulai dari diri kita masing-masing,” papar Betty.

Disamping itu, Ketua Himpunan Mahasiwa Biologi (HMB) FMIPA Unsyiah, Muhammad Firhan Al-Azhar, turut mendukung pelaksanaan PKSDA VI. Menurut Firhan, acara ini merupakkan upaya HMB dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga alam, khususnya di Aceh.

“Seperti yang kita ketahui, Aceh memiliki luas hutan sebesar 3,5 juta hektar dan sebesar 1,8 juta merupakan sebuah ‘laboratorium alam’ yang kita kenal sebagai Kawasan Ekosistem Leuser (KEL),” lanjut Firhan.

Ketua Panitia PKSDA VI, Amirul Hadi, mengatakan acara PKSDA VI berlangsung selama 3 hari, yaitu tanggal 18 hingga 20 Februari 2019. Dalam sambutan yang diwakili oleh Mohammad Adzannie Bessania, ia mengajak seluruh mahasiswa Unsyiah untuk dapat meramaikan acara PKSDA VI di Gelanggang Mahasiswa Unsyiah.

“Selain itu, kami juga akan mengadakan aksi lingkungan berupa pelepasan penyu yang direncakan akan diadakan pada tanggal 21 Februari 2019,” sambungnya.

Setelah acara pembukaan, kegiatan PKSDA VI disambung dengan Seminar “Konservasi Upaya Lestari Wujud Cinta Bumi”. Seminar ini dipaparkan oleh Muhammad Nur, S.H selaku Direktur Eksekutif WALHI Aceh dan Muhammad Daud, S.Hut, M.Si selaku Kepala Bidang Perlindungan dan Konservasi Sumber Daya Alam, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Aceh.

Acara PKSDA VI merupakan bagian dari rangkaian kegiatan “30 Tahun FMIPA Unsyiah”. Kegiatan “30 FMIPA Unsyiah” terdiri dari berbagai acara yang diselenggarakan oleh dosen dan mahasiswa FMIPA Unsyiah.[MAB]