Jpeg

Laboratorium Biologi Dasar FMIPA Unsyiah mempunyai tujuan dan fungsi sebagai laboratorium pendidikan dan laboratorium penelitian yang akan menerapkan serta mengembangkan teori-teori dan konsep-konsep dalam bidang biologi dan bidang yang terkait. Laboratorium  Biologi Dasar digunakan  untuk  melaksanakan  praktikum  11  unit  pendidikan, yakni :

Jurusan Biologi, Jurusan Matematika, Jurusan Fisika, Jurusan Kimia, Jurusan Farmasi, Jurusan Teknik Informatika, Jurusan Farmasi dan Jurusan Teknik Elektronika FMIPA Unsyiah. Selain itu juga melayani service terhadap Fakultas Kelautan dan Perikanan yang terdiri dari 3 jurusan (kelautan, perikanan dan budidaya perairan).

Materi kuliah yang dipraktikumkan meliputi : Biologi Sel, Anatomi dan Morphologi Tumbuhan, Anatomi Hewan, Mikrobiologi Umum, Fisiologi Tumbuhan, Fisiologi Hewan, Ekologi dan Sistematika Hewan Invertebrata.

 Jpeg

Laboratorium Biologi juga melayani praktikum SMU di sekitar Unsyiah.
Laboratorium Biologi Dasar dimanfaatkan sebagai laboratorium penelitian untuk mahasiswa, dosen, dan siswa SMU di sekitar kampus. Di samping melayani praktikum, pada setiap semester laboratorium biologi melayani beberapa jenis kegiatan yang berkenaan dengan, antara lain :

  1. Pelatihan guru biologi baik yang berada di sekitar Banda Aceh maupun guru SMU Provinsi Aceh.
  2. Praktikum siswa SMU yang akan mengikuti Olimpiade tingkat kabupaten, provinsi maupun tingkat Nasional.
  3. Identifikasi tumbuhan dan hewan tingkat rendah, dan lain-lain.
  4. Pembuatan preparat preparat segar baik basah maupun kering.

Peralatan yang dimiliki Laboratorium Biologi antara lain

Hand mikrotom, haemositometer, mikroskop (cahaya : monokuler dan binokuler, listrik binokuler, pH meter, oksigen meter, oven, refrigator, water sampler, Plankton Net, Saringan Bentos, Eigman Grab,  termometer (badan, ruang, lingkungan dan tanah), berbagai alat kaca, berbagai alat peraga, dan lain-lain.

Untuk jangka pendek, Laboratorium Biologi memberikan pelayanan praktikum tiap semester untuk 11 unit. Sedangkan untuk jangka menengah, laboratorium tersebut mengembangkan produksi media pendidikan, serta unit pelatihan proses belajar mengajar. Untuk jangka panjang, laboratorium ini diharapkan menjadi bagian unit pengumpulan database penelitian dosen dan mahasiswa, serta menjadi laboratorium riset teknik pembelajaran dan pengembangan praktikum.

Tim Laboratorium Biologi Dasar 
Kalab : Yekki Yasmin, M.Si
Laboran : Ir. Fas Nurussalami
Staf Pengajar :

Cut Nanda Devira, M.Si
Cut Yulvizar, M.Sc
Dr. Ir. Aida Fithri, M.Sc
Dr. Kartini Eriani, M.Si
Dr. Rosnizar, M.Sc
Dr. Yulia Sari Ismail, M.Si
Dra. Sunarti, M.S
Fauziah, M.Si
Feri Suryawan, M.Si
Firdus, M.Si
Iqbar, M.Sc
Irvianty, M.Si
Masykur, M.Sc
Muhammad Nasir, M.Sc
Risa Nursanty, M.Si
Widya Sari, M.Si
Yekki Yasmin, M.Si