Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) kembali mengadakan Praktikum Lapangan (PL) 2019 di Cucum, Jantho, Aceh Besar.

Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari dua malam, yaitu pada hari Jum’at hingga Minggu, 26-28 April 2019.

Sebanyak 148 peserta dan asisten praktikum yang merupakan mahasiswa turut hadir dalam kegiatan tahunan ini. Selain mahasiswa, turut hadir pula dosen dan alumni jurusan Biologi.

Praktikum lapangan ini wajib diikuti oleh mahasiswa jurusan Biologi angkatan 2015, 2016, 2017, dan 2018 yang memiliki mata kuliah praktikum lapangan. Beberapa mata kuliah yang dipraktikumkan yaitu Biologi Hutan Tropika, Teknik Koleksi, Entomologi, Ornitologi, Biosistematika Hewan, Biosistematika Tumbuhan, dan Studi Lapangan.

Disamping mengadakan praktikum, panitia penyelenggara PL yang merupakan mahasiswa angkatan 2017 juga menyelenggarakan Pagi Keakraban (Pagrab) antar mahasiswa, alumni dan dosen.

Acara ini juga menghadirkan tamu dari Forum Konservasi Leuser (FKL), Muhammad Isa, yang juga merupakan alumni dari Jurusan Biologi. Acara ini berlangsung pada Minggu Pagi, 27 April 2019.

Isa mengatakan, FKL merupakan organisasi non-pemerintah yang fokus pada penyelamatan satwa liar dan habitatnya di Aceh, khususnya di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) yang berada di Aceh.

Disamping itu, Isa mengajak kepada seluruh mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA Unsyiah untuk melakukan penelitian dan Kuliah Kerja Praktek (KKP) pada beberapa stasiun penelitian di Leuser bersama FKL.

Ketua panitia PL 2019, Alfikri Shadrian, mengucapkan rasa syukur dan berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu dalam menyukseskan kegiatan ini.

“Praktikum Lapangan tidak akan terlaksana tanpa adanya bantuan dari setiap pihak, dalam kegiatan ini pula kita diajarkan bagaimana cara menghadapi sebuah masalah dengan kepala dingin,” lanjut Fikri.

Dosen pembina PL sekaligus Ketua Penyelenggara PL 2019, Masykur, M.Si, dalam sambutannya mengapresiasi kinerja panitia dalam mempersiapkan PL. Selain itu, ia juga menghimbau kepada mahasiswa untuk saling menjaga kekompakan dengan angkatan yang berbeda.

“Mahasiswa Biologi bukan hanya belajar teori saja di kelas, namun juga harus bisa survive di lapangan,” tegas beliau.

Koordinator Lapangan PL 2019, Fitra Heriansyiah menyebut PL tahun ini merupakan PL yang paling berkesan. Melalui PL, lanjut Fitra, ia dan panitia memperoleh banyak pengalaman dan pelajaran dari berbagai kendala yang dihadapi.

“Sesuai dengan tema PL tahun ini, every experience is meant to teach you something new. Walaupun cuaca tidak bersahabat, tetapi PL tetap berjalan lancar sampai selesai,” sambung Fitra.

Untuk kedua kalinya, Cucum menjadi lokasi praktikum. Sebelumnya, Cucum pernah menjadi lokasi PL pada tahun 2014 yang diselenggarakan oleh panitia mahasiswa angkatan 2013.

Praktikum Lapangan (PL) merupakan bagian dari kegiatan perkuliahan di Jurusan Biologi FMIPA Unsyiah. Setiap tahunnya, Jurusan Biologi mengadakan PL yang diikuti lebih dari satu angkatan, atau disebut juga PL besar. PL besar dipersiapkan oleh mahasiswa dengan angkatan yang bergiliran setiap tahunnya. [NS & MAB]