Mahasiswa Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unsyiah memiliki potensi dalam meraih prestasi. Sayangnya, masih banyak mahasiswa yang belum meraih potensi tersebut.

Koordinator Kemahasiswaaan Jurusan Biologi Widya Sari, M.Si, menyampaikan hal tersebut pada pembukaan acara “Workshop Penggalian Bakat Mahasiswa Jurusan Biologi” di Ruang seminar Jurusan Biologi FMIPA Unsyiah, Gedung Training Center FMIPA. Sabtu, 21 Oktober 2017.

Workshop yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Biologi (HMB) FMIPA Unsyiah ini, menurut Widya, dilatar-belakangi oleh hal tersebut. Menurutnya, mahasiswa juga dapat meraih prestasi di luar akademik dan tidak perlu cemas apabila Indeks Penilaian Kumulatif (IPK) turun ketika meraih prestasi yang diinginkan.

“Semakin tinggi minat mahasiswa dalam meraih prestasi di luar akademik, maka semakin tinggi pula-lah minat dalam meraih prestasi di perkuliahan karena sudah timbul rasa percaya diri,”  ujarnya.

Prestasi yang diraih oleh mahasiswa, Widya melanjutkan, akan berguna dalam menulis Curiculum Vitae (CV) dan meningkatkan prestasi diri.

“Berbagai aktivitas di tingkat nasional atau internasional mensyarakatkan CV bagi kontestannya. Ketika CV kita kosong karena tidak punya prestasi, tentu akan di nomor-sekiankan,” lanjut Widya.

Melalui workshop ini, Widya berharap, mahasiswa dapat meningkatkan prestasi di luar akademik, sehingga dapat mengembangkan potensi diri yang dimiliki.

Workshop ini diisi oleh pemateri yang merupakan mahasiwa jurusan Biologi, yaitu Mahmuda, Irla Hanum, Vianti Chintya Putri, Miftahul Jannah Br. Sibarani, Emil Riza Pratama, dan Yudi Gebri Foenna.

Materi yang disampikan terdiri dari Olimpiade, Pengalaman Student Mobility ke Jepang,  pengenalan Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan Organisasi Mahasiswa, serta Mahasiswa Berprestasi (Mawapres).[MAB]