Himpunan Mahasiswa Biologi (HMB) bersama para dosen Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unsyiah berpartispasi dalam acara Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019 di kompleks Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Gampong Jawa, Banda Aceh. Sabtu, 9 Maret 2019.

Acara yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Banda Aceh ini dihadiri oleh berbagai elemen warga di Kota Banda Aceh.  Walikota Banda Aceh, H. Aminullah Usman, turut hadir pada acara ini.

Acara diawali dengan kegiatan gotong royong massal disekitar TPA pukul 08.00. Setiap peserta yang berpartisipasi dibagi menjadi dua kelompok besar di dua titik yang berbeda.

Setelah melakukan gotong royong, peserta mengikuti diskusi publik mengenai pengelolaan sampah dan Lomba Reduce, Reuse, Recycle (3R) yang diikuti oleh siswa. Acara ditutup dengan seremonial.

Siti Rahmah Nusa Fitria, perwakilan HMB FMIPA Unsyiah, mengaku turut mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya, acara ini dapat meningkatkan kesadaran warga Banda Aceh tentang ancaman sampah, khususnya sampah plastik.

“Dengan mendatangi langsung TPA Banda Aceh di Gampong Jawa, kita semakin sadar kalau  produksi sampah di Banda Aceh terus meningkat dan semua sampah akan berakhir di tempat ini,” ungkap Rahmah.

Disamping itu, ia mengajak seluruh warga Banda Aceh, khususnya mahasiswa, untuk mengurangi penggunaan plastik agar tidak menjadi sampah dan mencemari lingkungan.

Dosen Jurusan Biologi FMIPA Unsyiah, Dr. Dahlan, S.Hut, M.Si, berharap kegiatan ini dapat menyadarkan masyarakat untuk dapat mengurangi penggunaan sampah plastik.

“Kegiatan ‘peduli sampah’ ini tidak hanya berhenti sampai di acara ini saja, namun harus berkelanjutan oleh seluruh masyarakat agar pengunaan sampah plastik berkurang dan tidak mencemari lingkungan,” jelas Dahlan. [MAB]