Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unsyiah kembali mengadakan Kuliah Tamu pada hari Kamis, 13 September 2018 di Aula FMIPA Unsyiah. Kuliah tamu kali ini bertemakan tentang “Kultur Sel Hewan: Antara Teori dan Aplikasi” dengan menhadirkan Dosen dan Peneliti Stem Cells di Departemen Biologi FMIPA Institut Pertanian Bogor (IPB), Dr. Berry Juliandi, M.Si.

Dalam presentasinya, Dr. Juliandi menjelaskan tentang kegunaan sel punca (stem cells). Sel punca merupakan sel yang diisolasi dari embrio yang berumur tujuh hari. Sel punca menarik untuk diteliti karena mampu memperbaharui diri dan memiliki potensi (potent) untuk berdiferensiasi menjadi jenis sel lain.

“Salah satu sel punca yang menarik untuk diteliti adalah sel punca saraf (neuron stem cells). Sel ini akan berdiferensiasi menjadi sel saraf (neuron) dan sel glia,” ungkap Dr. Juliandi yang juga aktif sebagai anggota Akademi Ilmuan Muda Indonesia (ALMI) ini.

Di samping itu, Dr. Juliandi mengajak seluruh mahasiswa untuk melalukan penelitian apapun yang menarik. Menurutnya, segala penelitian yang dilakukan memiliki manfaat.

“Walaupun penelitian yang kita lakukan hanya sekedar ilmu dasar, hasil dari penelitian kita akan dipakai sebagai referensi untuk penelitian lainnya,” jelasnya [MAB].