Prodi Magister Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unsyiah mengadakan Pelatihan Pemberdayaan Peer Group dalam Peningkatan Mutu Penulisan Tugas Akhir Magister Biologi FMIPA Unsyiah. Acara ini diadakan hari Kamis, 19 September 2019 di Ruang Rapat Jurusan, Blok F Lantai 2. Pelatihan ini diikuti oleh seluruh pengajar, staf dan mahasiswa S2.

Kegiatan ini diawali oleh pembukaan oleh Ketua Prodi Magister Biologi, Dr. Kartini Eriani, M.Si. Di dalam kata sambutannya beliau mengatakan bahwa pelatihan adalah salah satu usaha yang dilakukan oleh Prodi Magister Biologi untuk meningkatkan kualitas penulisan baik jurnal maupun tugas akhir yaitu tesis. Diharapkan dengan Peer Group yang semakin kuat maka ide-ide penelitian dosen baik yang didanai pemerintah maupun penelitian mandiri dapat dinarasikan dalam bentuk tulisan yang berkualitas.

Selain itu, KaProdi Magister Biologi berharap dengan para peserta pelatihan baik dosen maupun mahasiswa dapat lebih bersemangat untuk meneliti dengan tips dan trik yang diberikan oleh kedua narasumber.

Pada sesi pertama, peserta diberi materi berupa ‘Kiat Sukses Studi Pasca Sarjana, Lulus Tepat Waktu dan Bisa Publikasi”. Materi ini disampaikan oleh Dr Is Helianti, MSc, Peneliti dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT Jakarta) dengan moderator Dr. Suhartono, M.Sc.

Dr Is Herlianti menyampaikan bahwa perlu dibuat semacam pertemuan berkala seperti kolokium oleh masing-masing Peer Group untuk lebih dapat memonitor penelitian anggota Peer Group baik dosen maupun mahasiswanya.

“Ketua Peer Group harus kreatif dalam membuat pertemuan tersebut semenarik mungkin. apakah dengan memberikan ide-ide penelitian ataupun konsumsi yang disediakan mungkin dapat menarik mahasiswa yang umumnya anak kos. Ini yang saya alami ketika saya belajar dan merantau di Jepang” seloroh Is.

Beliau menambahkan bahwa dalam Peer Group sebaiknya ada mentor bagi masing-masing mahasiswa, misalnya oleh asisten dosen yang merupakan alumni ataupun mahasiswa S2 itu sendiri menjadi mentor bagi mahasiswa S1. Strategi ini dapat mempercepat penyelesaian dari setiap masalah di dalam Peer Group.

Setelah selesai sesi pertama dan istirahat, sesi kedua dilanjutkan dengan narasumber Dr. Febriani, M.Si. dari Jurusan Kimia FMIPA Unsyiah dengan dipandu oleh moderator Dr. Suwarno M.Si. Beliau menceritakan berbagai pengalaman Peer Group di Jurusan Kimia yang bersinergi sehingga penelitian maupun pengabdian masyarakat di Jurusan Kimia sering mendapatkan pembiayaan dari Pemerintah.

Dr. Febriani yang lebih sering dipangil Bu Rini juga menceritakan bagaimana fungsi Peer Group sehingga dapat menyelesaikan permasalahan penelitian yang terjadi pada anggota Peer Group. Peer Group akan bahu membahu untuk membantu apabila ada anggota yang memohon geran penelitian maupun pengabdian masyarakat.

Selain itu Peer Group Biokimia yang beliau komandoi juga telah berhasil menjalin kerjasama dengan berbagai instansi dalam negeri seperti LIPI, Batan, ITB, IPB maupun luar negeri seperti Sandwich Program, Summer Vocation dan kolaborasi riset untuk mahasiswa S1, S2 dan S3 dengan Kobe University.

Pelatihan ini diakhiri dengan penyerahan cenderamata dan sertifikat oleh KaProdi Magister BIologi FMIPA Unsyiah.