Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unsyiah mengadakan Kuliah Tamu “Science Bridge Indonesia Program” yang diisi oleh Prof. Dr. Wolfgang Nellen di Aula FMIPA Unsyiah. Jum’at, 20 Oktober 2017.

Kuliah tamu yang diisi oleh Professor yang merupakan anggota Johann Gottfried Herder Fellow of the Deutscher Akademischer Austauschdienst (DAAD) Jerman dan Universitas Brawijaya, Malang ini membahas tentang kegiatan yang dilakukan oleh Science Bridge Indonesia (SBI) di bidang pendidikan dan ilmu pengetahuan.

“Kami fokus melakukan edukasi kepada masyarakat umum, khususnya siswa atau mahasiswa di sekolah maupun universitas, dimana kami mengajari ilmu biologi modern melalui pendekatan praktikum yang sederhana. Dengan cara itu, kami berharap siswa dan mahasiswa dapat mengerti manfaat dari perkembangan ilmu biologi di kehidupan sehari-hari,” tutur Prof. Nellen.

Contoh sederhana ilmu biologi yang dapat diaplikasikan ke kehidupan sehari-hari, menurut Nellen, adalah mempelajari struktur Deoxyribose Nucleic Acid (DNA) finger print, yang merupakan materi pewarisan sifat, untuk mengidentifikasi pelaku kejahatan. Beliau juga menjelasan praktikum sederhana untuk memisahkan DNA dari buah pisang.

Di samping itu, Prof. Nellen berharap kepada seluruh mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA Unsyiah untuk fokus pada bidang yang ditekuni tidak hanya untuk mendapat gelar akademik semata.

“Kalau Anda cinta dengan Biologi, maka cintailah dengan mempelajarinya dengan tulus. Jangan hanya untuk mendapatkan nilai tinggi di perkuliahan,” tegas Prof. Nellen.

Kuliah tamu yang diselenggarakan oleh Jurusan Biologi FMIPA Unsyiah ini dibuka secara resmi oleh Ketua Jurusan Biologi, Dr. Betty Mauliya Bustam, M.Sc. Betty berharap mahasiswa Jurusan Biologi dapat mengambil manfaat dari kuliah umum ini.

Ada lima fokus program yang diusung oleh Science Bridge, yaitu Public outreach, Education at schools, Training of teachers, Training of young scientist, dan Science, organization, and responsbility. Selain itu, laman Science Bridge dan Science Bridge Indonesia dapat diakses melalui laman Facebook.[MAB]