Himpunan Mahasiswa Biologi (HIMABIO) Fakultas Teknik Universitas Samudera (UNSAM) Langsa, berkunjung ke Unsyiah dalam rangka menghadiri acara Pekan Konservasi Sumber Daya Alam (PKSDA) VI 2019 di Gelanggang Mahasiswa Unsyiah.

Kunjungan tersebut berlangsung selama dua hari, yaitu tanggal 18 hingga 19 Februari 2019. Delegasi yang terdiri dari 16 mahasiswa tersebut ikut menghadiri acara opening ceremony PKSDA VI yang diadakan di Ruang Kaca Lantai 2 Gelanggang Mahasiswa Unsyiah pada tanggal 18 Februari 2019.

Pada sore hari di tanggal yang sama, rombongan tersebut mengunjungi Pantai Pasie Jalang, Desa Lampaya, Lhoknga, Aceh Besar, untuk melihat sarang penyu yang dikelola oleh warga sekitar yang peduli akan konservasi penyu. Lokasi tersebut akan menjadi tempat kegiatan aksi lingkungan PKSDA VI berupa pelepasan penyu pada tanggal 21 Februari 2019.

Herkules Malik, delegasi HIMABIO Unsam, turut mengapresiasi acara PKSDA VI yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Biologi (HMB) FMIPA Unsyiah. Ia berharap kegiatan seperti ini dapat berdampak positif bagi masyarakat Aceh.

“Kegiatan yang ingin kami ikuti adalah pelepasan penyu karena kami dapat belajar banyak mengenai konservasi penyu dan dapat melihat sarang telur penyu secara langsung. Namun, kami mohon maaf tidak bisa mengikuti kegiatan ini karena kami harus kembali ke universitas pada tanggal tersebut,” lanjut Herkules.

Pada hari selanjutnya, rombongan HIMABIO UNSAM mengikuti kegiatan ‘Sosialiasi dan Pelatihan Daur Ulang Sampah menjadi Karya’. Acara yang bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan (DLHK3) Kota Banda Aceh ini berlangsung pada tanggal 19 Februari 2019.[MAB]