Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) mengadakan acara temu ramah dengan mahasiswa baru angkatan 2017 di Kebun Percobaan Jurusan Biologi. Minggu, 17 September 2017.

Acara ini dimulai sekitar pukul 09.00 yang diawali dengan penanaman bibit tumbuhan secara serentak. Ada lebih dari 40 jenis tanaman pohon dan tanaman obat yang ditanam di kebun percobaan. Penanaman pohon ini diikuti oleh dosen dan mahasiswa Jurusan Biologi angkatan 2017, 2016, 2015, dan 2014.

Prosesi penanaman dibuka secara simbolik oleh Ketua Jurusan Biologi FMIPA Unsyiah, Dr. Betty Mauliya Bustam, M.Sc dan pembina kemahasiswaan Jurusan Biologi FMIPA Unsyiah, Widya Sari, M.Si.

“Kebun percobaan jurusan Biologi adalah milik universitas. Universitas memberikan amanah ke Jurusan Biologi untuk mengelola kebun ini. Selain itu, universitas melarang untuk mengadakan kegiatan mahasiswa dalam bentuk apapun di luar kampus.”

“Jadi, kami sepakat untuk mengadakan kegiatan temu ramah di kebun percobaan jurusan Biologi karena masih di dalam lingkup kampus dan sekaligus menanam pohon di kebun kita. Tanaman yang ditanam ini nantinya akan bermanfaat, salah satunya sebagai preparat praktikum,” tutur Beliau saat memberi kata sambutan.

Kegiatan penanaman pohon berlangsung hingga pukul 11.00. Selanjutnya, acara diisi dengan beberapa permainan yang dimainkan oleh seluruh mahasiswa yang hadir. Sesi ini berlangsung hingga pukul 15.00.

Acara temu ramah dimulai pukul 15.00. Turut hadir mahasiswa angkatan 2016, 2015, 2014, dan 2013. Kegiatan ini diawali dengan perkenalan mahasiswa baru dan beberapa kata sambutan dari mahasiswa angkatan sebelumnya.

Emil Riza Pratama, mahasiswa Biologi angkatan 2013 sekaligus Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FMIPA Unsyiah, menghimbau agar mahasiswa angkatan 2017 aktif berorganisasi. Namun, kegiatan perkuliahan tetap diprioritaskan.

“Jangan segan untuk memberitahu ke abang dan kakak angkatan apabila kalian (mahasiswa jurusan Biologi angkatan 2017) memiliki kendala,” tutur Emil.

Yudi Gebri Foenna, mahasiswa Jurusan Biologi angkatan 2014 sekaligus Ketua Himpunan Mahasiswa Biologi (HMB) FMIPA Unsyiah, menjelaskan kegiatan HMB mendatang yang dapat diikuti oleh mahasiswa jurusan Biologi angkatan 2017, diantaranya Biology Sport Week (BSW) dan Pekan Konservasi Sumber Daya Alam (PKSDA).

Acara berakhir sekitar pukul 16.30, dengan melakukan sesi foto bersama yang diikuti oleh seluruh mahasiswa yang hadir.[AB]