Darussalam – Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unsyiah mengadakan “Worskhop Penulisan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)” di Aula FMIPA Unsyiah. Rabu, 21 Maret 2018.

Pelatihan atau workshop ini diikuti oleh dosen dan mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA Unsyiah, khususnya mahasiswa Biologi yang sedang mengambil mata kuliah Kewirausahaan.

Pelatihan ini diisi oleh Reviewer Nasional yang merupakan penilai untuk proposal PKM, Ns. Ari Pristiana Dewi, M. Kep. Pemateri yang merupakan dosen dari Universitas Riau ini juga merupakan penerima AIPNI Research Award tahun 2013 dan 2015.

Selain itu, pelatihan ini turut menghadirkan Pelatih Tim PKM Unsyiah, Asmaul Husna S.T., MCRP, dan alumni Jurusan Biologi angkatan 2013 yang merupakan Peraih Hibah Dikti dan Peserta Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2015, Irla Hanum, S.Si.
Ketua Jurusan Biologi FMIPA Unsyiah, Dr. Betty Mauliya Bustam, M.Sc, dalam sambutannya mengatakan, tujuan utama dari kegiatan ini adalah meningkatkan kualitas dan kuantitas dari proposal PKM yang diajukan oleh mahasiswa Biologi.

“Dalam beberapa tahun terakhir, jumlah mahasiswa Biologi yang mengusulkan proposal PKM sangat sedikit. Kita harus meningkatkannya secara bersama,” tutur Betty.

Cara Jurusan Biologi dalam meningkatkan kuantitas proposal PKM, lanjut Betty, yaitu dengan meminta mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah Kewirausahaan untuk menulis draft proposal PKM Kewirausahaan (PKM-K). Kemudian, draft proposal yang sudah ditulis mahasiswa dikumpulkan oleh panitia untuk dikoreksi bersama reviewer melalui pelatihan ini. Sekitar 30 draft proposal PKM-K telah terkumpul oleh panitia

“Mudah-mudahan dengan adanya workshop ini, draft proposal PKM yang akan diajukan oleh mahasiswa Biologi dapat selesai hari ini,” tutup Betty.

Pelatihan ini berlangsung dari pukul 09.00 hingga pukul 17.00 dan turut dihadiri oleh Wakil Dekan III FMIPA Unsyiah, Dr.rer.nat Ilham Maulana, S.Si dan Ketua Pengembangan Penalaran Kreativitas Mahasiswa (P2KM), Marwan, S.T, M.T.[MAB]